Posted by : Dedy Al Islami Rabu, 07 April 2010

Bagi Anda yang belum tahu cara membuat dan memiliki website pribadi yang ekonomis dan Anda ingin membuatnya maka inilah tip untuk Anda :

Untuk membuat website sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan tidak selalu harus mahal. Yang pertama harus dilakukan adalah mencari pondokan (baca: server) bagi website / pages yang akan dibuat. Ada banyak server di internet yang menyediakan space gratis bagi website kita. Anda dapat gunakan http://www.geocities.com/ atau http://www.tripod.com/ atau http://www.truepath.com/ dll. semua server tersebut sampai saat ini menyediakan layanan gratis. Seperti Anda tahu kami SMK PGRI 1 Nganjuk saat ini memakai tripod.com sebagai servernya. Daftarlah ke salah satu penyedia layanan web tersebut. Setelah itu kita akan mendapat username dan password (caranya mirip seperti saat mendaftar email).

Terus bagaimana kita membuat halaman-halaman webnya? Ada 2 cara :
1) secara manual dengan bahasa html;
2) memakai program / software pembuat web (seperti MS FrontPage atau Macromedia Dreamweaver).

Dengan software maka pekerjaan membuat web menjadi mudah. Saya menggunakan FrontPage karena mudah dipelajari dan biasanya sudah menjadi satu paket dalam MS Office (untuk lebih memahami software FrontPage ini coba beli bukunya di toko buku langganan Anda). Rancanglah website sesuai selera. Setelah kita selesai merancang, maka kita harus meload / mengpublish kan webpages kita ke server dimana kita telah mendaftar tersebut. Gunakan menu upload yang disediakan server, atau upload dengan software file transfer protocol, atau gunakan menu publish web dari FrontPage atau Macromedia Dreamweaver.

Menggunakan FrontPage sama seperti kita menggunakan MS Word. Bahkan MS Word pun bisa digunakan untuk membuat web page (pada saat Save As typenya gunakan Web Page, maka akhirnya file tersebut akan berupa htm atau html). Yang perlu diingat bahwa page pertama (yang akan menjadi home page bagi pages lainnya), nama filenya harus index.htm atau index.html. Untuk mempermudah pembuatan home page tersebut (index.htm atau index.html) biasanya digunakan tabel-tabel. Pages lainnya tidak harus memakai tabel. Di home page ini kita buat hyperlink-hyperlink ke pages lainnya.

Web page yang standar biasanya memuat :
- Judul / nama website
- Logo perusahaan / organisasi
- Menu-menu berupa hyperlink ke pages lainnya
- Buku tamu
- Email yang dapat dihubungi oleh pengunjung
- Counter

Selamat mencoba.

Masukkan Komentar anda di bawah kolom ini :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pengunjung Blog

Berita terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.