Posted by : Dedy Al Islami Minggu, 25 April 2010


Tidak bisa dipungkiri lagi, Facebook merupakan salah satu situs pertemanan yg digemari orang banyak, barangkali kamu adalah salah satunya. Dari segi sosial, Facebook sangat bermanfaat utk menjalin hubungan pertemanan, baik itu teman baru maupun teman lama yg sudah lama tidak bertemu, berkat Facebook akhirnya hubungan bisa terjalin kembali. Namun, tidak semua orang tahu bahwa Facebook ternyata bisa bermanfaat utk bisnis , Facebook bisa dijadikan sarana utk mencari duit . Nah bagaimana cara mencari duit lewat facebook ini? Inilah yg akan saya informasikan beberapa cara, tips dan triks memanfaatkan facebook utk keperluan bisnis serta menggali potensi peluang bisnis apa saja yg terkandung di situs facebook , sehingga situs Facebook tidak hanya kita gunakan utk pertemanan, namun yg lebih penting adalah menghasilkan uang lewat Facebook. Berikut ini beberapa manfaat facebook utk keperluan bisnis Anda:


Pertama, Menjual Produk Lewat Facebook. kamu bisa mempresentasikan dan memasarkan produk kamu secara langsung lewat jaringan pertemanan. Apakah itu menjual produk kepada teman-teman kamu atau menjual produk melalui sebuah group yg berada dalam satu jaringan yg terbentuk berdasarkan wilayah, tempat kerja, sekolah, kampus dan lain sebagainya. Agar teman-teman dan group kamu tahu tentang produk yg kamu jual, maka kamu perlu memajang produk dengan Aplikasi Pasar atau Market Place. Langkah-langkahnya antara lain:


* Bergabung dalam suatu jaringan, masuklah terlebih dahulu ke bagian pengaturan Akun dengan cara: Pilih opsi Pengaturan > Pengaturan Akun.


* Pada halaman Pengaturan Akun, pilih Tab Jaringan, kemudian ketik nama jaringan yg hendak kamu ikuti, misalnya Indonesia atau Jakarta dan sebagainya.

* Jika sudah, klik tombol Bergabung dengan Jaringan dan kamu akan mendapat konfirmasi keberhasilan pendaftaran ke jaringan tersebut.

* Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Aplikasi Pasar (Marketplace) dan memajang Produk Anda. Pilih tombol Aplikasi yg berada di sudut kiri bawah halaman Facebook Anda, pilihlah opsi Jelajahi Aplikasi Lain.

* Selanjutnya muncul halaman baru, pada bagian sisi kiri, pilihlah opsi Pencarian, ketikkan kata kunci “marketplace” lalu Enter


* Setelah itu carilah dan klik aplikasi Marketplace

* Pilih tombol Menuju Ke Aplikasi

* Halaman selanjutnya adalah Marketplace Categories, ada beberapa opsi, antara lain Dijual, (Items For Sale) Perumahan (Housing), Kendaraan (Vehicle), Lowongan Pekerjaan (Jobs), dan Lainnya. Disini kamu bisa memilih kategori produk yg ingin kamu jual, sebagai contoh Pilih opsi Dijual dengan mengklik Items For Sale

* Langkah selanjutnya adalah Tulis judul Produk yg ingin kamu jual, pada bagian Post Items For Sale

* Selanjutnya akan muncul jendela yg memberikan Izin Akses ke Aplikasi Marketplace, klik tombol Izinkan


* Pada halaman selanjutnya, tulis nama Produk pada kotak Title, kemudian isi kotak Why are You Selling It? misalnya diisi dengan Butuh Uang, kemudian isi harganya di bagian Price, lalu isi lokasi dan isi keterangan produk di kotak Keterangan/Description.

* Beri tanda centang pada opsi Profil, Daftarkan di, Privasi.


* Pilihlah tombol Choose atau Telusuri di bagian Foto utk menampilkan gambar produk. Kemudian cari gambar produk di komputer Anda, jika sudah klik tombol Open. Beri tanda centang pada Term of Use

* Klik Submit

* Selanjutnya pilih opsi Bagikan yg berada di sudut kanan atas.

* Langkah selanjutnya pilih tab Kirim ke Profil kemudian klik tombol Kirim


* Selesai. kamu bisa melihat tampilan produk ini di halaman profile Anda.


Kedua, Beriklan Lewat Facebook. Pada dasarnya beriklan ini sama saja dengan menjual produk, hanya saja cara yg dilakukan adalah langsung menulis deskripsi produk seperti kamu mengirim berita saja, atau kamu membuat album dan mengupload photo yg berkaitan dengan produk Anda, ini juga bisa dikategorikan beriklan dengan jaringan teman atau group. Teman istri saya berjualan tas dengan cara seperti ini. Akan tetapi beriklan yg sesungguhnya melalui Facebook adalah dengan mengajukan permintaan beriklan dengan mengklik tombol Iklan di bagian bawah halaman Facebook. Pengiklan harus membayar ke Facebook utk beriklan ini. Gambaran umum beriklan di Facebook sebagai berikut:


* Rancang Iklan Anda. Buat rancangan kreatif termasuk judul utk iklan kamu (maksimal 25 karakter termasuk spasi) dan isi iklan kamu (maksimal 135 karakter termasuk spasi) di ruang yg disediakan. kamu juga bisa menggunggah sebuah foto atau gambar. Namun, sifatnya opsional.

* Tentukan sekarang, apakah kamu ingin langsung mengarahkan orang-orang ke laman web kamu ataukah ke salah satu halaman di Facebook seperti Halaman, Aplikasi, Grup, atau Acara. Jika kamu sudah menjadi pengurus Halaman, Grup, Acara, atau Aplikasi Facebook Anda, kamu dapat memilihnya dari opsi yg tersedia. Pada tahap ini, kamu juga dapat memilih utk melampirkan aksi sosial pada iklan Anda. Jika kamu mencontreng kotak, kami akan menambahkan konten yg memberitahu pengguna mengenai interaksi teman-teman mereka dengan merek atau bisnis kamu pada Facebook.


* Menetapkan Target. Bidik calon pelanggan kamu dengan penyaring demografis dan psikografis mengenai orang-orang. Secara default, Facebook membidik semua pengguna berusia 18 tahun ke atas di lokasi default. Namun, kamu disarankan mengubah ini guna menjangkau orang-orang yg paling sesuai utk iklan Anda. Pastikan utk merujuk ke figur jangkauan yg mendekati utk memperkirakan jumlah orang yg cocok dengan kriteria anda.

* Promosi dan Harga. Beri nama promosi kamu tetapi ingatlah bahwa iklan dengan promosi yg sama akan berbagi jadwal tayg. Sekarang kamu dapat menyetel promosi Anda, tentukan anggaran harian dan jadwal Anda. Berapa banyak uang yg ingin kamu keluarkan setiap hari? Sekarang jadwalkan iklan Anda. Apakah kamu ingin promosi kamu terus menerus sejak saat iklan kamu disetujui atau pada tanggal awal dan akhir tertentu. Tentukan apakah kamu ingin bayar per klik atau bayar per tampilan.


Ketiga, Memasang dan Menjual Facebook Application. Cara ini baik bagi kamu yg punya keterampilan programming. Buatlah aplikasi yg bisa digunakan di Facebook, semakin menarik aplikasi tersebut maka semakin besar potensi kamu mendapat duit lewat Facebook. Misalnya game yg menawarkan layanan premium, orang dapat menggunakan layanan tersebut bila membeli atau berlanganan aplikasi ini. Anggap saja ini jual jasa.

Keempat, Mencari Investor. kamu bisa menawarkan ide dan mencari investor lewat jaringan pertemanan anda. Kalau ada yg tertarik atas ide Anda, langkah selanjutnya adalah menghubunginya secara personal baik lewat email, telpon atau bertemu langsung.


Kelima, Memanfaatkan Aplikasi PayPerPost. Ada beberapa aplikasi di Facebook yg memberikan kesempatan kepada member utk mendapatkan uang Dollars seperti aplikasi PayPerPost, Cliquecash, Net-60 dan masih banyak lagi. utk kali ini saya hanya memberikan contoh aplikasi PayPerPost. Aplikasi ini merupakan program paid posting yg memperbolehkan kita memasang link banner referral situs PayPerPost.com dalam profil Facebook kita. Jika ada orang yg mendaftar PayPerPost melalui link Anda, maka kamu akan mendapat penghasilan $15 setiap pendaftar. enak bukan? Kalo ada 1000 pendaftar tinggal kalikan saja. Sebelum kamu mendaftar di aplikasi ini, ada baiknya kamu memiliki Account Paypal karena komisi akan dibayarkan melalui rekening PayPal. Berikut cara menggunakan aplikasi PayPerPost in:


* Buka halaman Facebook Anda

* Klik tombol Aplikasi di sudut kiri bawah

* Klik link Jelajahi Aplikasi Lain

* Ketikkan kata payperpost di kotak pencarian lalu tekan enter

* Anda akan melihat aplikasi PayPerPost, klik aplikasi tersebut

* Akan terbuka halaman baru, klik Ke Aplikasi


* Selanjutnya muncul jendela izin akses, klik Izinkan

* Kemudian kamu akan dibawa ke halaman login aplikasi PayPerPost

* Kalau kamu sudah pernah mendaftar di situs PayPerPost.com dan mempunyai akun, silahkan masukan username dan pasword akun PayPerPost kamu lalu klik Link, jika belum punya, isi formulir di halaman tersebut, lalu klik Blogger

* Bila berhasil, kamu bisa langsung mengundang teman kamu utk bergabung di PayPerPost dengan meng-klik link Invite Friends


Demikian sedikit informasi tentang manfaat Facebook utk bisnis kamu dengan harapan Facebook bukan hanya utk happy fun saja, tetapi bisa mencari dan mendapatkan uang melalui Facebook. Bagaimana? Apakah kamu tertarik cari duit lewat facebook? Semoga saja setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendulang uang lewat Facebook. Sukses utk Anda.

Masukkan Komentar anda di bawah kolom ini :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pengunjung Blog

Berita terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.