Posted by : Dedy Al Islami Rabu, 07 April 2010

Fungsinya yang bisa menentukan lokasi di seluruh belahan dunia membuat GPS terkesan canggih. Namun ternyata cara penggunaan teknologi ini mudah. Fungsinya kini tak lagi hanya sebagai penunjuk jalan.

Apa itu GPS

GPS atau singkatan dari global positioning system merupakan suatu teknologi pemantau posisi di bumi yang memanfaatkan tekonologi satelit. Untuk menjalankan sistem ini, selain satelit GPS juga dibutuhkan perangkat penerima sinyal GPS (GPS receiver) GPS receiver inilah yang berfungsi sebagai titik tujuan untuk menentukan lokasi di bumi.

Cara kerja

Cara kerja GPS terbilang cukup sederhana, pertama kali harus terjadi koneksi antara GPS receiver dan satelit. Dalam hal ini GPS receiver akan mencari sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit di sekeliling bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumi. Biasanya GPS receiver dapat menangkap 4 samapai 8 buah satelit.

Untuk mengetahui posisi suatu GPS receiver dengan akurat, diperlukan minimal 3 satelit yang terhubung. Pengukuran posisi GPS receiver didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan triliterasi. Yaitu pengukuran suatu titik dengan bantuan 3 titik acu.

Fungsi GPS

Sampai saat ini mungkin orang masih enggan menggunakan perangkat GPS. Karena fungsinya sebagai penjunjuk jalan dirasa kurang bermanfaat. Karena sudah banyak yang hafal akan areanya. Namun kini GPS dengan aplikasi peta digital terbaru. Memiliki fungsin yang semakin menarik, berikut beberapa fungsi GPS.

- Mengetahui koordinat suatu lokasi

- Penunjuk arah jalan (navigasi)



fungsi penting pada GPS

- Simulasi routing

Mencari dan menunjukan arah jalan dari satu lokasi awal ke lokasi yang dituju. Penunjukan arah ditampilkan dalam tampilan arah panah bergerak sepanjang jalan yang dilalui. Namun fasilitas yang satu ini bisa tanpa GPS aktif, jadi berbentuk simulasi.

- Mencari alamat

Dengan fungsi yang ada di peta digital, anda cukup mengetikan alamat yang dicari kemudian biarkan aplikasi peta digital tersebut mencarinya. Kemudian hasilnya akan ditunjukan pada tampilan peta.

- Menshare lokasi orang lain

Terkadang anda mempunyai janji untuk bertemu dengan seseorang di suatu tempat, namun yang tahu lokasinya hanya salah satunya. Atau ketika anda berada di suatu tempat yang menarik, anda ingin menshare ke rekan anda. Jangan khawatir anda bisa mencapture lokasi tersebut, yang kemudian bisa dikirim via SMS, MMS, atau bluetooth.

- City guide

Fasilitas ini juga berfungsi untuk mencari lokasi-lokasi menarik di satu daerah. Namun informasi yang diberikan lebih lengkap.

- Foto satelit

Ini baru dihadirkan pada aplikasi nokia maps yang terbaru, yang memungkinkan anda untuk mendownload via internet foto suatu daerah. Foto ini merupakan hasil pemotretan yang dilakukan oleh satelit. Tapi merupakan foto ini tidak bersifat real time, jadi foto tersebut merupakan hasil pemotretan pada waktu tertentu lalu.

- Mencari tempat-tempat penting (point of intenet)

Menampilkan peta point of interest: SPBU, bandara, stasiun kereta, hotel restoran dll.

Masukkan Komentar anda di bawah kolom ini :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pengunjung Blog

Berita terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.