Posted by : Dedy Al Islami Rabu, 31 Maret 2010

Mahasiswa terkenal dengan intelektualitasnya. semangat dan idelisme mereka adalah akar dari perubahan bangsa. Perubahan ke arah yang lebih baik tentunya. seperti sebuah ungkapan yang sering kita dengar. Pemuda adalah kegelisahan, setiap hembusan nafasnya adalah perubahan!
Karena itu, sebagai seorang mahasiswa hendaknya kita tidak hanya berkutat pada Akademik semata, tetapi kita juga harus peduli dengan kondisi masyarakat di sekitar kita. dengan peduli pada masyarakat, insyaAllah kita dapat mengasah mata hari kita. kalau orang bilang ini adalah EQ (Emotional Quotation) dan SQ (Spiritual Quotation).
Menjadi mahasiswa cerdas bukan hanya sekedar memiliki IP(Indeks Prestasi) yang tinggi. Tetapi jauh lebih dari itu! Kecerdasan Intelektual tidak akan menjamin seorang mahasiswa sukses. tanpa diimbangi dengan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual tidak akan sempurna. karena kecerdasan emosional dapat membuat hubungan kita dengan orang lain/ masyarakat akan menjadi lebih baik dan menjadikan orang yang memilki kecerdasan emosional ini disukai oleh orang lain. contoh, ketika tes wawancara yang diperlukan bukan hanya kecerdasan akademik tetapi juga kemampuan berbicara dan menarik lawan berbicara agar lawan berbicara percaya dan terkesan dengan apa yang kita sampaikan. karena itu, orang yang memiliki kecerdasan intelektual biasanya memiliki banyak teman dan disukai oleh banyak orang.
Dengan kecerdasan intelektual dan Emosional seseorang bisa mencapai kesuksesan. memiliki banyak teman bahkan fans. Tapi apakah cukup dengan itu saja? Lihatlah benito mussolini atau hitler. mereka memiliki pengaruh yang besar dan mempunyai banyak pengikut. tetapi apa yang terjadi? mereka berlaku sewenang-wenang sebagai diktator. dan hitler pada akhirnya mati bunuh diri karena depresi yang dialami.
Apakah seperti ini yang ingin dialami oleh seorang mahasiswa? Tentunya tidak. Untuk yang satu ini kita butuh SQ (Spiritual Quatation) atau bahasa kerennya Kecerdasan Emisoonal. Dengan SQ kita dapat menjaga diri diri kita dari perbuatan yang buruk yang dilarang oleh agama. Betapa tidak, dengan mengingatnyaNYA saja kata Allah, hati akan menjadi tenang. Inilah, kecerdasan yang membawa kemanfaatan dunia akhirat. Kecerdasan ini akan lebih menambah Intelek tetep… disukai banyak orang tetep… dan tentunya kita harus memiliki bekal untuk kehidupan di akhirat nanti. Tak hanya pinter, disukai banyak orang, tetapi dicintai Allah juga'.
Mau tidak mau seorang Mahasiswa seharusnya memiliki ketiga kecerdasan tersebut untuk terus exksis dalam berkarya dan sukses dalam dunia kerja. Lantas Bagaimana kita bisa mengasah ketiga softskill itu sekarang.
Tidak terlalu sulit kok. Nggak perlu ngikut training khusus! Tinggal masuk dalam pengurus Organisasi dan aktiv disana. insyaAllah akan mengasah EQ kita. Lantas untuk SQ? yo mungkin kita bisa dapet nih kecerdasan bukan hanya dari loby atau kuliah bersama. Tetapi kita bisa include ke dalam Organisasi yang didalamnya berOrientasi kepada Agama. Contohnya SKI. Jika mengikuti / menjadi pengurus lembaga ini insyaAllah dapat menambah ilmu dan kecerdasan Spiritual kita. Karena Organisasi seperti SKI selalu senantiasa mengupgrade pengetahuan dan keimanan pengurusnya baik lewat event-event maupun lewat Kondisi lingkungan yang tercipta saat berorganisasi. Karena itu, penting sekali kita bergabung dengan Organisasi seperti SKI. Karena slain mengasah EQ kita. SQ juga secara langsung maupun tidak langsung juga akan terasah. Karena itu… mahasiswa bukanlah orang orang yang santai. Pemuda adalah kegelisahan, setiap hembusan nafasnya adalah perubahan!

Hidup Mahasiswa!!


Translet :

Being a Smart Student

Students famous intellect. idelisme spirit and they are the root of the change in the nation. Change for the better of course. such a phrase we often hear. Youth is the anxiety, every breath is a breath of change!
Therefore, as a student we should not just dwell on purely academic, but we also have to care about the condition of society around us. with care in the community, God willing we can sharpen our Mata Hari. when people say this is EQ (Emotional Quotation) and SQ (Spiritual Quotation).
Students become not just smart to have IP (grade) is high. But much more than that! Intellectual intelligence will not guarantee a successful student. without balanced with emotional intelligence, intelligence will not be perfect. because of emotional intelligence can make our relations with others / society will be better and make those who have the emotional intelligence is favored by others. example, when the tests required interviews not only academic intelligence but also the ability to speak and draw your opponent speak to talk to other believers and impressed with what we deliver. therefore, people who have intellectual intelligence usually have many friends and loved by many people.
With the intellectual and emotional intelligence a person can achieve success. have many friends and even fans. But is it enough with it all? Look at Benito Mussolini or Hitler. they have a great influence and has many followers. but what happened? they apply the arbitrary dictator. and Hitler eventually committed suicide because of depression.
Is this who want to experience a student? Of course not. For this one we need to SQ (Spiritual Quatation) or the term Emisoonal intelligence. With the SQ we can keep ourselves away from the bad deeds are forbidden by religion. Imagine, with just the word of God mengingatnyaNYA, the heart will be calm. That is, intelligence that brings benefit the afterlife. This intelligence will be more added Intellect tetep ... tetep well liked ... and of course we should have a provision to life in the hereafter. Not only clever, well liked, but loved by God as well '.
Like it or not a student should have a third intelligence exksis to continue working and successful in the world of work. Then How can we sharpen the three SOFTSKILL now.
Not too hard to. Adherents do not need special training! Stay in the organization and active board there. God willing we will hone EQ. Then to SQ? yo maybe we can dapet nih intelligence not only from the lobby or college with. But we can include into the organization in which the religion-oriented. Example SKI. If you follow / take charge of these institutions can add InsyaAllah science and our spiritual intelligence. Because organizations such as the SKI always constantly upgrading the knowledge and good faith managers through the events as well as through environmental conditions created by the association. Therefore, it is important that we join with organizations like SKI. Because slain sharpening our EQ. SQ also directly or indirectly will also be honed. Because it ... students who are not relaxed. Youth is the anxiety, every breath is a breath of change!

Student living!

Masukkan Komentar anda di bawah kolom ini :

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pengunjung Blog

Berita terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.